Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina akan Umumkan Rencana Perdamaian dengan Separatis Pro-Rusia


Presiden Ukraina Petro Poroshenko di Kyiv, 16 Juni 2014 (Foto: dok).
Presiden Ukraina Petro Poroshenko di Kyiv, 16 Juni 2014 (Foto: dok).

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menghendaki gencatan senjata sepihak yang akan memberi pemberontak kesempatan untuk melucuti senjata atau meninggalkan negara tersebut, Kamis (19/6).

Presiden Ukraina Petro Poroshenko akan mengungkapkan rencana perdamaian 14-poin hari Jumat (20/6) yang dirancang untuk mengakhiri pemberontakan separatis pro-Rusia di bagian timur negara itu.

Rencananya itu menghendaki gencatan senjata sepihak yang akan memberi pemberontak kesempatan untuk melucuti senjata atau meninggalkan negara tersebut. Poroshenko menguraikan ketentuan tersebut dalam percakapan telepon hari Kamis (19/6) dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sementara itu, pemerintah Ukraina mengatakan pengejaran baru terjadi di wilayah timur Ukraina hari Jumat (20/6) setelah tujuh prajurit tewas dalam pertempuran Kamis malam (19/6).

Selain itu, pejabat keamanan Ukraina mengatakan 300 pemberontak tewas dalam bentrokan di wilayah Donetsk sejak hari Kamis (19/6), namun angka itu tidak bisa dikonfirmasi secara independen.
XS
SM
MD
LG