Tautan-tautan Akses

Presiden Tunjuk M Lutfie Sebagai Menteri Perdagangan Baru


Presiden SBY menunjuk M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, menggantikan Gita Wirjawan yang mundur, Rabu 12 Februari 2014 (Foto: VOA/Andylala)

Presiden SBY menunjuk M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, menggantikan Gita Wirjawan yang mundur, Rabu 12 Februari 2014 (Foto: VOA/Andylala)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Gita Wirjawan, Rabu (12/2).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, didampingi Wakil Presiden Budiono menjelaskan, sudah melakuan fit and proper test bersama Wakil Presiden Budiono dalam penunjukan Lutfie sebagai Menteri Perdagangan, Rabu (12/2).

"Hari ini saya mengumumkan pergantian Menteri Perdagangan RI. Sebagaimana saudara tahu, beberapa waktu lalu saudara Gita Wirjawan mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri. Saya sudah melakukan fit and proper test dua hari yang lalu bersama wakil presiden terhadap saudara Lutfi. Saya memandang Lutfi cakap dan mampu menjadi Menteri Perdagangan, menggantikan saudara Gita Wirjawan," demikian sambutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sementara itu atas pengunduran diri Gita Wirjawan selaku Menteri Perdagangan, Presiden mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan kerja keras yang bersangkutan selama menjabat sebagai menteri perdagangan.

"Pengunduran diri ini justru tidak ingin saudara Gita mengalami kesulitan dalam membagi waktu pikiran dan tenaganya.sejalan dengan apa yang dilaksanakan oleh pak Gita Wirjawan sebagai calon Presiden konvensi sebuah partai politik. Dikhawatirkan akan terganggu tugas-tugasnya sebagai menteri perdagangan. Olehkarena itu saya menerima dan menyetujui pengunduran dirinya. Atas nama negara dan pemerintah dan selaku pribadi saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada saudara Gita Wirjawan.
Usai pengumuman oleh Presiden atas penunjukan dirinya sebagai menteri perdagangan, Lutfie yang hadir bersama Gita Wirjawan, berjanji akan melaksanakan tugas dan perintah Presiden dalam menjaga stabilitas harga dan ekspansi ekspor. Lutfie juga berjanji akan memberantas mafia impor.
Klip Lutfi : Karena kita mesti menerapkan situasi lapangan yang sejajar dan seimbang. Saya berjanji kalau ada yang illegal pasti kita perangi.
Mantan Duta Besar Indonesia untuk Jepang ini menggantikan posisi yang ditinggalkan Gita per 1 Februari 2014 yang tengah fokus pada kegiatan persiapan menjadi calon presiden melalui Konvensi Partai Demokrat. Gita menjadi Menteri Perdagangan di kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2 selama 2 tahun 3 bulan.
Lutfi akan memegang jabatan menteri di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II dalam periode yang tegolong singkat yaitu sejak hari ini sampai kabinet pimpinan SBY berakhir pada tahun ini.
Dalam perjalanan karirnya Lutfi pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) periode 2005 - 2010 sebelum digantikan oleh Gita Wirjawan. Pada Agustus 2010, Lutfi ditunjuk oleh SBY untuk menjadi Dubes RI untuk Jepang dan Mikronesia.
Dari Jakarta Andylala Melaporkan Untuk VoA Washington
XS
SM
MD
LG