Tautan-tautan Akses

Presiden Trump Bertemu PM Irak di Washington Hari Ini


Presiden Amerika Donald Trump (kiri) dan PM Irak Abadi (Foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump (kiri) dan PM Irak Abadi (Foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump menjamu Perdana Menteri Irak untuk melakukan pembicaraan hari ini yang kemungkinan akan mencakup serangan yang sedang berlangsung untuk merebut kembali kota penting Mosul di Irak utara dari militan ISIS.

Kedua pemimpin telah membicarakan pertempuran melawan ISIS dalam pembicaraan telepon bulan lalu, tetapi hari ini akan menjadi pertemuan tatap muka mereka yang pertama.

Sebelum berangkat ke Washington, Abadi mengatakan ia ingin berbicara dengan Trump mengenai “cara menyelesaikan tahap-tahap terakhir untuk mengalahkan ISIS dan pihak-pihak yang membantu mereka.”

Pasukan Irak telah bertempur melawan militan di darat dengan pertolongan dukungan udara dari koalisi yang dipimpin Amerika yang telah menyerang ISIS sejak Agustus tahun 2014.

Pertempuran untuk merebut kembali Mosul mulai tahun lalu dan sebegitu jauh pasukan Irak telah berhasil merebut bagian timur kota itu dan sedang mencapai kemajuan di bagian barat.

Helikopter-helikopter Irak hari Minggu menembakkan roket ke dekat masjid penting di bagian barat Mosul sementara pasukan darat mendekati tempat itu dimana pemimpin ISIS Abu Bakr al-Bagdadi memproklamasikan kekhalifahan tahun 2014.

Para analis Amerika dan Irak telah memandang masjid itu sebagai markas besar tidak resmi jihadis itu. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG