Tautan-tautan Akses

Presiden Tiongkok Akhiri Kunjungan di Amerika


Presiden Hu Jintao, didampingi walikota Chicago Richard Daley (kanan) mengunjungi sebuah sekolah di Chicago, Jumat 21 Januari 2011.

Presiden Hu Jintao, didampingi walikota Chicago Richard Daley (kanan) mengunjungi sebuah sekolah di Chicago, Jumat 21 Januari 2011.

Presiden Hu Jintao mengunjungi pelajar dan para tokoh bisnis di pusat kota Chicago hari Jumat, mengakhiri kunjungan empat hari ke Amerika.

Presiden Tiongkok Hu Jintao mengunjungi pelajar dan para tokoh bisnis di pusat kota Chicago, Jumat, mengakhiri kunjungan empat hari ke Amerika di mana ia juga menghadapi pertanyaan-pertanyaan mengenai isu-isu sensitif, termasuk HAM.

Hu pada hari Jumat mengunjungi SMU di Chicago yang mengajarkan bahasa dan budaya Tiongkok, dan mengatakan kepada para siswa di sana bahwa pengetahuan adalah kunci bagi masa depan. Setelah itu, ia bertemu para tokoh bisnis di pabrik suku cadang mobil milik orang Tiongkok.

Pada hari Kamis, setelah tiba di Chicago dari Washington, pemimpin Tiongkok itu bertemu Walikota Chicago Richard Daley, yang berupaya menarik bisnis berbasis di Tiongkok ke daerah tersebut.

Memperluas hubungan ekonomi dengan Amerika adalah tema utama kunjungan Presiden Hu.

Presiden Amerika Barack Obama kepada para pekerja di pabrik General Electric di New York pada hari Jumat mengatakan perdagangan dengan Tiongkok harus berlangsung dua arah, tidak satu arah.

Selain transaksi perdagangan baru, Presiden Obama dan Presiden Hu membahas masalah-masalah mendesak lain, termasuk Korea Utara dan HAM. Dalam jumpa pers dengan Obama pada hari Rabu, Hu mengakui "banyak" yang harus dilakukan Tiongkok untuk memperbaiki HAM.

XS
SM
MD
LG