Tautan-tautan Akses

Presiden Sudan, Sudan Selatan Bertemu di Juba


Presiden Sudan Selatan Salva Kiir (kanan) menyambut kedatangan Presiden Sudan Omar al-Bashir di bandara Juba hari Jumat (12/4).

Presiden Sudan Selatan Salva Kiir (kanan) menyambut kedatangan Presiden Sudan Omar al-Bashir di bandara Juba hari Jumat (12/4).

Kedatangan Presiden Sudan Omar al-Bashir disambut di bandara Juba hari Jumat (12/4) oleh Presiden Sudan Selatan Salva Kiir.

Presiden Sudan Omar al-Bashir berada di ibukota Sudan Selatan untuk pembicaraan yang bertujuan meningkatkan hubungan, yang telah menghangat sejak kedua negara itu nyaris berperang tahun lalu.

Bashir disambut di bandara Juba hari Jumat oleh Presiden Sudan Selatan Salva Kiir. Kedua pemimpin kemudian mengadakan pembicaraan tertutup yang menurut kantor berita Sudan difokuskan pada penerapan perjanjian kerjasama ekonomi dan politik baru-baru ini.

Sudan Selatan memulai lagi produksi minyak mentah pekan lalu, setelah tutup lebih dari setahun karena anggapan Sudan Selatan biayanya terlalu mahal untuk menggunakan pipa pihak utara.

Kedua negara itu telah berselisih sejak Sudan Selatan memperoleh kemerdekaan dari utara pada tahun 2011, setelah perang saudara selama beberapa dasawarsa. Tentara mereka bentrok di perbatasan tahun lalu di tengah meruncingnya sengketa karena biaya pipa tersebut, demarkasi perbatasan, dan pihak mana yang menguasai ladang-ladang minyak yang menghasilkan pendapatan itu.
XS
SM
MD
LG