Tautan-tautan Akses

Presiden Somalia Tak Diberitahu Soal Penyelamatan Sandera Perancis


Presiden Somalia, Hassan Sheikh Mohamud mengaku tidak tahu-menahu dengan operasi penyelamatan sandera Perancis yang gagal (foto: dok).
Presiden Somalia, Hassan Sheikh Mohamud mengaku tidak tahu-menahu dengan operasi penyelamatan sandera Perancis yang gagal (foto: dok).

Presiden Somalia mengatakan, ia tidak diberitahu sebelumnya mengenai operasi Perancis untuk menyelamatkan seorang sandera yang ditahan kelompok militan al-Shabab.

Dalam sebuah wawancara dengan VOA, Presiden Hassan Sheikh Mohamud mengatakan, para pejabat Somalia tidak diberitahu mengenai penyerbuan itu, yang gagal membebaskan sandera Denis Allex dan mengakibatkan tewasnya dua anggota tim penyelamat Perancis.

Presiden Mohamud mengatakan, ia yakin hal itu tidak akan terjadi seandainya pemerintahnya diberitahu. Ia mengatakan, kesulitan mungkin akan lebih sedikit jika pemerintahnya diberitahu, dan menambahkan bahwa para pejabat Somalia membahas masalah ini dengan Perancis.

Al-Shabab menulis di Twitter bahwa Denis Allex telah dibunuh hari Rabu. Perancis menduga sandera itu sebelumnya sudah tewas.

Al-Shabab mengatakan pihaknya membunuh Allex untuk membalas apa yang mereka klaim kematian warga sipil yang dibunuh oleh pasukan Perancis dalam serbuan Jumat malam, serta untuk memprotes apa yang disebutnya kebijakan anti-Muslim Perancis dan operasi militer negara itu di Perancis dan Afghanistan.

Allex diculik dari sebuah hotel di Mogadishu bulan Juli 2009. Sebelum itu, dia adalah bagian sebuah tim yang membantu melatih pasukan pemerintah Somalia untuk melawan al-Shabab.

Recommended

XS
SM
MD
LG