Tautan-tautan Akses

Presiden Seychelles Terpilih Kembali, Bertekad Lanjutkan Reformasi Ekonomi


Presiden Seychelles, James Michel

Presiden Seychelles, James Michel

James Michel meraih 55 persen suara dalam pemilihan presiden selama tiga hari yang berakhir hari Sabtu.

Presiden Seychelles James Michel menang kembali untuk masa jabatan berikutnya dan berjanji untuk melanjutkan reformasi bertujuan melakukan privatisasi perekonomian yang sebelumnya dikontrol pemerintah negara Samudera Hindia itu.

Komisi pemilihan Seychelles mengatakan hari Minggu Michel meraih 55 persen suara dalam pemilihan presiden selama tiga hari yang berakhir hari Sabtu, yang berarti tidak diperlukan pemilihan putaran kedua. Saingan terdekatnya, Wavel Ramkalawan dari partai yang beroposisi Partai Nasional Seychelles, meraih 41 persen suara.

Para pemilih memberikan suaranya di tiga pulau utama hari Sabtu, sedangkan penduduk pulau-pulau terpencil memilih pada hari Kamis dan hari Jumat. Pihak berwenang mengatakan pemungutan suara berjalan lancar. Pemimpin oposisi Ramkalawan menuduh partai yang berkuasa dari presiden Michel melakukan korupsi dan membeli suara selama kampanye pemilu.

Setelah hasil diumumkan, Michel mengatakan ia akan melanjutkan kebijakan reformasi ekonominya dan mendesak masyarakat untuk berkerja sama untuk "membangun" Seychelles, sebuah negara tujuan liburan populer bagi para bangsawan dan konglomerat. Pangeran William dan istrinya Catherine menghabiskan 10 hari berbulan madu di Seychelles setelah pernikahan mereka tanggal 29 April.

Pemerintahan Michel memulai privatisasi sebagian perekonomian Seychelles yang dikelola negara dan mengambil langkah-langkah penghematan dalam menanggapi krisis ekonomi global 2008.

Ia menjadi presiden dari pendahulu dan mentornya Presiden France -Albert Rene tahun 2004, ketika Presiden Rene mengundurkan diri karena alasan kesehatan. Michel terpilih menjabat presiden dua tahun kemudian, mengalahkan Ramkalawan. Mantan Presiden Rene sebelumnya telah berkuasa sejak kudeta tahun 1977.

XS
SM
MD
LG