Tautan-tautan Akses

Presiden SBY Pimpin Upacara Kemerdekaan RI untuk Terakhir Kalinya


Presiden SBY pimpin upacara kemerdekaan RI ke-69 di Istana Merdeka.

Presiden SBY pimpin upacara kemerdekaan RI ke-69 di Istana Merdeka.

Memperingati ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan ke-69 Republik Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin upacara kemerdekaan di halaman Istana Merdeka Jakarta sebagai inspektur upacara untuk terakhir kali di akhir pemerintahannya.

Ketua MPR Sidarto Danusubroto diberi kehormatan untuk membacakan teks proklamasi. Jalannya upacara ini dipimpin oleh ‎komandan upacara Kolonel Infantri Teguh Pudjo Rumekso yang kini menjabat sebagai Pejabat Utama Biro Pengamanan Setmilpres. Perayaan kemerdekaan di Istana Merdeka diwarnai dengan dentuman meriam sebanyak 17 kali.

Upacara peringatan kemerdekaan RI ke 69 ini selain dihadiri oleh para menteri dan pejabat negara setingkat menteri kabinet Indonesia bersatu jilid 2 serta Ketua MPR, DPD RI, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan juga dihadiri oleh para undangan yang terdiri dari para veteran pejuang dan para duta besar negara sahabat.

Meski hanya bisa memandang dari luar gerbang Istana, namun warga Jakarta dan sekitarnya tetap antusias memadati ruas jalan Medan Merdeka Utara Jakarta dan silang Monas Jakarta. Alfian salah seorang warga Cideng Jakarta kepada VOA Jakarta mengaku Presiden Yudhoyono sudah cukup baik dalam memimpin Indonesia selama 2 periode. Ia berharap situasi Indonesia tetap aman di masa mendatang.

Sementara itu Hapsoro warga asal Klender berharap rakyat Indonesia tetap bersatu menyambut Presiden baru mendatang. Ia juga berharap Presiden mendatang tetap menjalankan pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Harapannya pokoknya tetap bersatu. Siapapun Presidennya Indonesia tetap bersatu. Kita ga boleh terpecah belah. Yang utama dilakukan Presiden baru nanti adalah pemberantasan korupsi dan leadership-nya harus kuat,” kata Hapsoro.

Salah seorang pengunjung Monas, Pak Hanif warga Tanjung Priuk Jakarta juga berharap Presiden mendatang mampu menegakan supremasi hukum dan pemenuhan hak-hak masyarakat sipil.

Peringatan HUT RI ini juga disemarakan oleh atraksi 32 pesawat tempur yang itu melakukan atraksi terbang rendah dari atas Monumen Nasional melintas dengan cepat di atas Istana Merdeka. Pesawat tempur itu diantaranya berjenis Sukhoi, F-16 Fighting Falcon, Hawk 100/200, dan T50i Golden Eagle yang baru saja dibeli pemerintah dari Korea Selatan.

HUT RI Jokowi bicara agenda masa depan bangsa

Sebelum mengikuti upaca HUT Kemerdekaan di Istana Merdeka Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan kemerdekaan dari jajaran pemerintah provinsi DKI Jakarta. Jokowi yang merupakan Presiden terpilih, hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum dalam pemilu presiden 2014 memastikan, suksesi kepemimpinan nasional hasil Pemilu 2014, akan berdampak pada perubahan yang lebih baik buat Indonesia.

Jokowi mengatakan, “Peringatan ke 69 ini kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2014 ini adalah dengan semangat Proklamasi 17 Agustus 1945 kita dukung suksesi kepemimpinan nasional hasil pemilu 2014 demi kelanjutan pembangunan menuju Indonesia yang maju dan sejahtera. Kita harus meyakini suksesi kepemimpinan nasional akan berdampak pada perubahan yang lebih baik di berbagai bidang kehidupan kita.”

Jokowi juga mengajak semua kalangan untuk lebih mematangkan konsolidasi demokrasi di Indonesia.

“Setelah 15 tahun era reformasi, kita merasakan dinamika perjalanan bangsa. Kini kita memantapkan transisi demokrasi. Mematangkan konsolidasi demokrasi. Telah banyak kemajuan, tapi proses ini belum selesai,” tambahnya.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG