Tautan-tautan Akses

Presiden Rusia Tanggapi Usul AS untuk Bahas Penyelesaian Krisis di Ukraina


Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan sambutan dalam rapt Dewan Keamanan di Kremlin, Moskow, Rusia (28/3).

Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan sambutan dalam rapt Dewan Keamanan di Kremlin, Moskow, Rusia (28/3).

Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon presiden Obama hari Jumat (28/3) untuk membahas usul Amerika bagi penyelesaian krisis di Ukraina.

Kata pejabat Gedung Putih, Obama mengusulkan kepada Putin supaya memberikan jawaban tertulis atas usul penyelesaian diplomatis yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry permulaan minggu ini kepada Menlu Rusia Sergei Lavrov.

Tidak dijelaskan apa isi surat Kerry itu, tapi Amerika telah mendesak Rusia supaya menarik pasukan dari semua pangkalannya di Krimea, dan mengizinkan para pemantau internasional untuk masuk ke Krimea, yang secara resmi telah dianeksasi oleh Rusia.

Kata presiden Obama kepada stasiun televisi CBS, gerakan pasukan Rusia dekat perbatasan Ukraina mungkin dilakukan untuk mengintimidasi Ukraina. Tapi Sekretaris-Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan, Putin telah menjelaskan padanya bahwa Rusia tidak berniat untuk merebut kawasan Ukraina lainnya.

Kepala dewan keamanan nasional Ukraina mengatakan, Rusia telah menempatkan 100,000 orang tentaranya di perbatasan bagian Utara selatan dan timur, dan pasukan Rusia itu agaknya siap untuk melancarkan serangan.
XS
SM
MD
LG