Tautan-tautan Akses

Presiden Rusia, Mesir Bahas Langkah Baru Keamanan Pesawat


Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi ketika bertemu di Kairo, 9 Februari 2015 lalu (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi ketika bertemu di Kairo, 9 Februari 2015 lalu (foto: dok).

Presiden Putin dan Presiden el-Sisi berbicara melalui telepon Rabu (18/11), sehari setelah Moskow menyimpulkan sebuah bom menjatuhkan pesawat penumpang Rusia di Semenanjung Sinai bulan lalu.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi sepakat hari Rabu mengenai langkah baru keamanan pesawat penumpang yang tidak diungkapkan sebagai langkah pertama ke arah dilanjutkannya kembali penerbangan antara kedua negara.

Kedua pemimpin berbicara melalui telepon sehari setelah Moskow menyimpulkan sebuah bom menjatuhkan pesawat penumpang Rusia di Semenanjung Sinai bulan lalu, tidak lama setelah lepas landas dari daerah peristirahatan Mesir Sharm el-Sheikh menuju St. Petersburg, menewaskan ke-224 orang di dalamnya.

Mesir mengatakan Sisi mengatakan kepada Putin ia memaklumi kepedihan rakyat Rusia karena bencana itu tetapi tidak menyebut pemboman. Surat kabar Rusia Kommersant mengatakan pihak berwenang menyimpulkan bom itu diletakkan di bagian belakang kabin utama, dekat bagian ekor, bukan dalam bagasi. [gp]

XS
SM
MD
LG