Tautan-tautan Akses

Presiden Rusia Ancam Putuskan Pasokan Gas ke Ukraina


Presiden Rusia Vladimir Putin.

Presiden Rusia Vladimir Putin.

Putin mengatakan pembayaran energi yang terbaru hanya akan menjamin pengiriman untuk tiga atau empat hari, argumentasi yang dibantah oleh para pejabat di Kyiv.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengulang peringatannya bahwa Moskow akan memotong pasokan gas alam ke Ukraina jika Kyiv gagal membayar uang muka pengiriman yang akan datang.

Putin mengeluarkan peringatannya Rabu (25/2), sementara gencatan senjata yang goyah antara pemberontak pro-Rusia dan pasukan Ukraina di Ukraina timur menunjukkan tanda-tanda gagal bertahan.

Ukraina melaporkan tidak ada korban jiwa akibat tembakan bermusuhan untuk pertama kalinya sejak gencatan senjata yang diperantarai internasional diumumkan tanggal 12 Februari.

Berbicara kepada para wartawan dekat Moskow, Putin mengatakan pembayaran energi yang terbaru hanya akan menjamin pengiriman untuk tiga atau empat hari, argumentasi yang dibantah oleh para pejabat di Kyiv. Ia juga mengemukakan kemungkinan kekurangan di Eropa barat, yang menerima kira-kira sepertiga gasnya dari Rusia.

Sengketa yang sekarang tampaknya berpangkal pada keputusan Kyiv pekan lalu untuk menghentikan pasokan gas ke daerah-daerah pemberontak dekat perbatasan Rusia – tindakan yang kata Putin “seperti genosida.”

XS
SM
MD
LG