Tautan-tautan Akses

Presiden Putin Serukan Hubungan Lebih Baik AS-Rusia


Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pesan ucapan selamat kepada Presiden Barack Obama pada liburan Hari Kemerdekaan Amerika, menyerukan dilakukannya hubungan yang lebih baik antara Rusia dan Amerika Serikat

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan harapan dalam pesannya hari Jumat bahwa hubungan yang tegang antara kedua negara saat ini akan berkembang pada "landasan yang pragmatis dan setara" meskipun dengan adanya perbedaan-antara kedua negara.

Presiden Rusia itu mengatakan kedua negara mempunyai tanggung jawab khusus untuk menjaga stabilitas dan keamanan internasional, dan karena itu harus bekerja sama untuk kepentingan seluruh dunia.

Hubungan antara Washington dan Moskow berada pada titik rendah yang tidak pernah terjadi sejak Perang Dingin, sejak Rusia mencaplok semenanjung Krimea Ukraina awal tahun ini.

Amerika dan sekutu Eropanya telah mengurangi kerjasama diplomatik dengan Rusia dan memberlakukan sanksi dalam menanggapi aneksasi itu. Amerika Serikat dan Uni Eropa telah mengancam akan memberlakukan lebih banyak sanksi yang bertujuan untuk mengakhiri dukungan Moskow pada separatis pro-Rusia dalam perbatasan Ukraina.

XS
SM
MD
LG