Tautan-tautan Akses

Presiden Pimpin Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka


Sang Saka Merah Putih berkibar di halaman Istana Merdeka Jakarta dalam upacara Hari Kemerdekaan (17/8). (VOA/Andylala Waluyo)

Sang Saka Merah Putih berkibar di halaman Istana Merdeka Jakarta dalam upacara Hari Kemerdekaan (17/8). (VOA/Andylala Waluyo)

Acara ini juga dimeriahkan dengan atraksi terbang pesawat tempur F-16 dan T-5 oleh TNI Angkatan Udara.

Presiden Joko Widodo hari Senin (17/8) memimpin upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan di Istana Merdeka Jakarta.

Presiden hadir bersama ibu negara Iriana Widodo, didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla, serta jajaran menteri Kabinet Kerja. Presiden Jokowi bertindak selaku inspektur upacara, sementara komandan upacara adalah Kolonel Marinir Umar Farouq.

Sebelum pengibaran bendera merah putih, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto bertugas membacakan teks Proklamasi sebelum pengibaran bendera merah putih.

Ibu Sudaryadi, istri dari salah seorang pejuang kemerdekaan mengatakan bangga bisa hadir menyaksikan jalannya upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-70 di Istana Merdeka itu.

"Seneng sekali pak. Tiap tahun aku pasti ikut. Meriah banget tahun ini. Dan ada kemajuan," ujarnya tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Sementara itu, ibu Ismi Sardju yang juga istri dari pejuang kemerdekaan, mengaku senang dengan kepemimpinan Presiden Jokowi. Khususnya menyangkut perhatiannya buat orang kecil.

"Alhamdulillah ya. Perhatian untuk rakyat itu khususnya untuk orang ga mampu itu banyak ya. Seperti untuk sekolah anak yang nggak mampu. Alhamdulillah. Muda-mudahan pak Jokowi diberikan kesehatan dan umur panjang. Dan bisa menaungi bangsa kita," ujarnya.

Selain dihadiri para pemimpin lembaga negara dan perwakilan negara sahabat, upacara dihadiri mantan Presiden dan mantan wakil Presiden seperti Megawati Soekarnoputri dan Boediono. Namun, pendahulu Presiden Jokowi, Susilo Bambang Yudhoyono tidak terlihat hadir di acara itu.

Ruhut Sitompul anggota DPR dari faksi Partai Demokrat mengatakan ada acara lain yang tidak bisa ditinggal oleh Susilo.

"Ya, jadi beliau acaranya padat sekali. Pembicara di beberapa negara, lalu kembali ke tanah air sudah dijadwalkan acara di Yogya dan Pacitan. Tapi nggak usah khawatir, komunikasi sangat baik antara pak SBY dengan pak Jokowi. Semua langkah dari Presiden ke-7 Jokowi ini, beliau dukung. Termasuk kebijakan reshuffle. Semua untuk kebaikan bangsa dan negara ini pak SBY mendukung," ujarnya.

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta ini diiringi oleh paduan suara Gita Bahana Nusantara yang terdiri dari 136 putra-putri dari 34 provinsi dan 400 pelajar, serta melibatkan 66 musisi muda. Acara ini juga dimeriahkan dengan atraksi terbang pesawat tempur F-16 dan T-5 oleh TNI Angkatan Udara.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG