Tautan-tautan Akses

Presiden Perancis Serukan HAM di Republik Kongo


Presiden Perancis Francois Hollande (kanan) dan Presiden Republik Demokratik Kongo Joseph Kabila dalam pembukaan KTT Francophone di Kinshasa (13/10).

Presiden Perancis Francois Hollande (kanan) dan Presiden Republik Demokratik Kongo Joseph Kabila dalam pembukaan KTT Francophone di Kinshasa (13/10).

Presiden Francois Hollande menekankan pentingnya penegakan HAM di Republik Demokratik Kongo, pada pembukaan KTT negara-negara berbahasa Perancis di Kinshasa.

Presiden Perancis Francois Hollande menekankan pentingnya penegakan HAM dan perwujudan perdamaian di wilayah yang rusuh di Republik Demokratik Kongo, pada pembukaan KTT negara-negara berbahasa Perancis atau 'Francophone' di ibukota Republik Demokratik Kongo, Kinshasa.

Hollande sebelumnya mengkritik situasi HAM di Kongo timur di mana pemberontakan berlangsung. Ia menilai situasi itu "tidak dapat diterima."

Presiden Republik Demokratik Kongo Joseph Kabila bertemu Hollande Sabtu pagi. Dalam pidato pembukaan KTT itu, ia menggambarkan pemberontakan tersebut sebagai "perang tidak adil" yang diberlakukan oleh kekuatan luar. PBB menuduh Rwanda mendukung gerakan pemberontak, tuduhan yang dibantah Rwanda.

Selain pemberontakan Kongo, situasi di Mali diperkirakan akan mendominasi KTT, yang berakhir hari Minggu.

PBB hari Jumat mengesahkan resolusi yang membuka jalan bagi penempatan pasukan asing guna membantu pemerintah sementara Mali menghadapi militan Islamis yang telah menguasai wilayah Mali utara.
XS
SM
MD
LG