Tautan-tautan Akses

Kunjungan Mendadak ke Afghanistan, Sarkozy Umumkan Penarikan Pasukan Perancis


Presiden Perancis Nicolas Sarkozy menemui para anggota pasukan Perancis di Tora dalam kunjungan mendadak ke Afghanistan (12/7).

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy menemui para anggota pasukan Perancis di Tora dalam kunjungan mendadak ke Afghanistan (12/7).

Di Afghanistan, Presiden Nicolas Sarkozy mengatakan 1.000 tentara Perancis akan meninggalkan Afghanistan akhir tahun depan.

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy mengatakan hari Selasa dalam kunjungan tanpa pemberitahuan ke Afghanistan bahwa sebanyak 1.000 tentara Perancis akan meninggalkan negara itu pada akhir tahun depan. Katanya, sisa 3.000 tentara Perancis lainnya akan ditempatkan sebagian besar di bagian timur Afghanistan di propinsi Kapisa.

Presiden Sarkozy melakukan pertemuan dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai, panglima tertinggi militer Amerika, dan menemui para anggota tentara Perancis dalam kunjungannya tersebut.

Sarkozy berkunjung ke Afghanistan sehari setelah seorang tentara Perancis tewas karena tidak sengaja ditembak tentara Perancis lainnya. Penyelidikan sedang berlangsung untuk menjelaskan situasi penembakan. Sebanyak 64 orang tentara Perancis telah tewas di Afghanistan sejak dimulainya perang tahun 2001.

Perancis mempunyai kira-kira 4 ribu tentara yang bertempur melawan pemberontak Taliban di Afghanistan. Sebelumnya bulan lalu, Presiden Sarkozy mengumumkan bahwa negaranya akan menarik ratusan pasukannya dari Afghanistan sebelum akhir tahun ini.

Semua pasukan tempur internasional telah ditetapkan akan meninggalkan Afghanistan sebelum akhir tahun 2014, dan mengalihkan wewenang penjagaan keamanan kepada pasukan Afghanistan.

XS
SM
MD
LG