Tautan-tautan Akses

Presiden Perancis Bahas Perluasan Peran Militernya dengan Presiden Obama


Presiden Amerika Serikat Barack Obama (kanan) saat bertemu dengan Presiden Perancis Francois Hollande di KTT NATO di Celtic Manor, Newport, 5 September 2015 (Foto: dok).

Presiden Amerika Serikat Barack Obama (kanan) saat bertemu dengan Presiden Perancis Francois Hollande di KTT NATO di Celtic Manor, Newport, 5 September 2015 (Foto: dok).

Presiden Perancis Francois Hollande berupaya mendorong para pemimpin dunia untuk bekerja sama lebih erat dalam memerangi militan ISIS saat bertemu dengan Presiden Amerika Barack Obama, hari ini (24/11) di Washington.

Presiden Perancis Francois Hollande menjamu Perdana Menteri Inggris David Cameron kemarin, dan akan mengadakan pembicaraan terpisah nanti pekan ini dengan para pemimpin Rusia, China, Jerman dan Italia.

Gedung Putih mengatakan Obama dan Hollande akan membicarakan kerjasama lebih lanjut sebagai bagian dari koalisi yang dipimpin Amerika yang telah melakukan serangan udara terhadap ISIS di Irak dan Suriah selama lebih setahun.

Juru bicara Josh Earnest hari Senin (23/11) menyambut baik perluasan serangan oleh Perancis dan mengatakan Amerika yakinlebih banyak yang dapat dilakukan kalau negara-negara bersedia menyumbang sumber daya tambahan.

Ia mengatakan Amerika Serikat sejauh ini sudah menyumbang sebagian besar bantuan kemanusiaan dan usaha militer, tetapi negara itu mempunyai kemampuan unik dan dengan senang hati melakukannya.

Cameron menawarkan Perancis bantuan baru hari Senin untuk serangan udaranya terhadap militant ISIS di Suriah dan mengatakan ia akan meminta parlemen Inggris pekan ini persetujuan untuk bergabung memerangi jihadis.

Ia memberitahu Hollande bahwa pesawat tempur Perancis dapat menggunakan pangkalan udara Inggris di Cyprus guna meluncurkan serangan terhadap ISIS dan juga menawarkan pelayanan pengisian bahan bakar di udara. [gp]

XS
SM
MD
LG