Tautan-tautan Akses

Presiden Pakistan Zardari Tiba di Teheran


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menerima kunjungan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari di Teheran (16/7).

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menerima kunjungan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari di Teheran (16/7).

Kunjungan Presiden Asif Zardari ke Teheran tersebut terjadi di saat hubungan bilateral Pakistan dan Amerika tetap buruk.

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari tiba di Teheran untuk berbicara dengan pejabat-pejabat tinggi Iran, termasuk Presiden Mahmud Ahmadinedjad.

Kunjungan Presiden Zardari itu berlangsung kurang dari satu bulan setelah dia dan Presiden Iran bertemu di Afghanistan di sela-sela konferensi anti teroris di sana. Sewaktu di Afghanistan, kedua pemimpin membahas serangkaian masalah bilateral, termasuk proyek pipa gas alam dari Iran ke Pakistan.

Kunjungan Presiden Zardari ke Iran juga terjadi ketika hubungan bilateral antara Pakistan dan Amerika tetap buruk, menyusul serangan rahasia Amerika jauh ke wilayah Pakistan untuk membunuh pemimpin al-Qaida Osama bin Laden bulan Mei.

Amerika baru-baru ini menangguhkan bantuan 800 juta dolar untuk Pakistan. Jumlah itu merupakan sepertiga dari bantuan militer untuk mitranya dalam perang melawan teror. Keputusan untuk menangguhkan bantuan diambil setelah Pakistan mengusir pelatih-pelatih Amerika setelah serangan terhadap bin Laden itu. Pelatih Amerika itu kabarnya melatih tentara Pakistan.

XS
SM
MD
LG