Tautan-tautan Akses

Presiden Pakistan Janji Bantu Tiongkok Perangi Terorisme


Presiden Pakistan, Asif Ali Zardari melakukan kunjungan ke Xinjiang (31/8).

Presiden Pakistan, Asif Ali Zardari melakukan kunjungan ke Xinjiang (31/8).

Presiden Zardari menyatakan hal ini kepada para pemimpin politik di wilayah Xinjiang hari Selasa, sehari sebelum China-Eurasia Expo.

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari menjanjikan kerjasama penuh Pakistan dalam membantu Tiongkok memerangi terorisme, hampir sebulan setelah Tiongkok menyalahkan serangan oleh para militan yang diduga dilatih di Pakistan.

Presiden Zardari menyatakan hal ini kepada para pemimpin politik di wilayah Xinjiang – Tiongkok bagian barat setibanya disana hari Selasa, sehari sebelum China-Eurasia Expo.

Presiden Zardari juga menegaskan perlunya peningkatan kerjasama perdagangan dan transportasi antara Xinjiang dan Pakistan bagian utara.

Bulan lalu kekerasan di kota Kashgar Xinjinag menewaskan sedikitnya 19 orang. Pihak berwenang Tiongkok mengatakan salah satu serangan dilakukan oleh para militan dari kamp Gerakan Islam Turkestan Timur yang berpusat di Pakistan.

Pakistan telah berulangkali membantah terlibat dalam serangan itu. Gerakan Islam Turkestan Timur adalah kelompok etnis Uighurs – kelompok minoritas Tiongkok yang menghendaki kemerdekaan atas wilayahnya di Uighur, provinsi Xinjiang.

XS
SM
MD
LG