Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Obama Tetapkan 3 Monumen Nasional Baru Amerika


Sebuah tempat piknik di tepi danau Berryessa dengan latar belakang sebagian wilayah monument national terbaru di California, Berryessa Snow Mountain (10/7).

Sebuah tempat piknik di tepi danau Berryessa dengan latar belakang sebagian wilayah monument national terbaru di California, Berryessa Snow Mountain (10/7).

Presiden Barack Obama menetapkan tiga monumen nasional Amerika yang baru hari Jumat (11/7), yang membuat kawasan-kawasan itu tertutup bagi pembangunan, penambangan dan pemboran minyak dan gas.

Monumen-monumen baru itu mencakup "Berryessa Snow Mountain" di California, tempat berbagai tanaman dan binatang dan "Waco Mammoth" di Texas, dimana para arkeolog telah menemukan sisa bangkai 24 ekor mammoth yang diyakini berusia paling sedikit 65 ribu tahun. Yang ketiga adalah "Basin and Range" di Nevada, tempat lukisan pada batu yang tidak ada duanya yang berusia 4 ribu tahun.

Gedung Putih mengatakan ketiga monumen ini seluas lebih dari sejuta hektar. Dikatakan, penetapan itu akan memajukan ekonomi setempat melalui pariwisata dan usaha niaga yang sehubungan.

Obama sejauh ini telah menyatakan 19 tanah negara sebagai monumen nasional – lebih banyak dibandingkan dengan presiden Amerika yang lain – yang melindungi lebih dari 260 juta hektar.

Undang-Undang Peninggalan Kuno tahun 1906 memberi wewenang kepada presiden untuk menyatakan tanah negara tertutup bagi pembangunan. Sebagian pengeritik menyebutnya penyitaan oleh pemerintah.

Undang-undang tersebut adalah warisan abadi Presiden Theodore Roosevelt, seorang aktivis lingkungan yang terkenal dan pencinta kegiatan di alam terbuka.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG