Tautan-tautan Akses

Presiden Obama Telah Perkirakan Peluncuran Roket Korea Utara


Presiden Obama (Foto: dok.)

Presiden Obama (Foto: dok.)

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan ia prihatin tetapi tidak terkejut oleh peluncuran roket Korea Utara hari Minggu (7/2).

Dalam wawancara CBS yang diudarakan hari Senin, Obama mengatakan, "Saya kira kita sudah prihatin mengenai tingkah laku Korea Utara beberapa lama. Ini adalah rezim otoriter. Rejim tersebut provokatif. Mereka telah berkali-kali melanggar resolusi PBB, menguji-coba dan membuat senjata nuklir dan sekarang mereka sedang berusaha menyempurnakan system peluncuran misil mereka."

Obama mengatakan ia berbicara dengan Presiden China Xi Jinping hari Jumat, sebelum peluncuran, "Mengenai perlunya memperketat tekanan terhadap mereka."

Ia mengatakan Amerika juga berembuk dengan Korea Selatan "untuk pertama kalinya mengenai peningkatan kemampuan pertahanan misil untuk mencegah kemungkinan Korea Utara dapat mencapai sarana Amerika atau penduduk Amerika dengan serangan misil."

Pemimpin Amerika itu mengatakan peluncuran Pyongyang hari Minggu sudah diantisipasi.

"Mereka sangat tidak baik memberi makan rakyat mereka," kata Obama, "tetapi mereka menghabiskan sangat banyak dana untuk persenjataan mereka." [gp]

XS
SM
MD
LG