Tautan-tautan Akses

Presiden Obama Tegaskan Kembali Komitmen Amerika


Presiden Amerika Barack Obama memberikan sambutan dalam konferensi peers bersama PM Jepang Shinzo Abe (kanan) di Akasaka, Tokyo (24/4).

Presiden Amerika Barack Obama memberikan sambutan dalam konferensi peers bersama PM Jepang Shinzo Abe (kanan) di Akasaka, Tokyo (24/4).

Presiden Amerika Barack Obama secara eksplisit menyatakan Kepulauan Senkaku berada di bawah perjanjian yang mewajibkan Amerika Serikat untuk membela Jepang jika diserang.

Presiden Barack Obama telah menegaskan kembali komitmen perjanjian Amerika Serikat untuk membela Jepang, termasuk mempertahankan sekelompok pulau di Laut Cina Timur yang diklaim oleh baik Tokyo maupun Beijing.

Setelah pertemuan hari Kamis di Tokyo dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Obama secara eksplisit menyatakan Kepulauan Senkaku berada di bawah perjanjian tersebut yang mewajibkan Amerika Serikat untuk membela Jepang jika diserang.

Obama menekankan Amerika tidak mengambil posisi mengenai kedaulatan pulau-pulau tersbeut, yang dikenal di China sebagai Diaoyu. Namun dia memperingatkan agar jangan melakukan langkah sepihak untuk mengubah status quo pulau-pulau itu.

Ini adalah pernyataan baru-baru ini yang paling kuat dukungan untuk Jepang oleh seorang presiden Amerika mengenai sengketa pulau itu, yang telah merusak parah hubungan antara Jepang dan China.

Menanggapi pernyataan itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Qin Gang mengatakan tidak ada yang akan mengubah "realitas dasar bahwa Kepulauan Diaoyu adalah wilayah China." Dia mengatakan Beijing tetap bertekad untuk melindungi "kedaulatan dan hak-hak maritim” China.

Jepang adalah persinggahan pertama dalam tur delapan hari Obama di Asia, yang juga termasuk kunjungan ke Korea Selatan, Malaysia, dan Filipina.
XS
SM
MD
LG