Tautan-tautan Akses

Presiden Obama, Putin Bertemu dalam Peringatan D-Day di Perancis


Gambar Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin terlihat di layar raksasa saat kedua pemimpin negara tersebut tiba di Ouistreham, Normandia dalam peringatan 70 tahun invasi D-Day (6/6).

Gambar Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin terlihat di layar raksasa saat kedua pemimpin negara tersebut tiba di Ouistreham, Normandia dalam peringatan 70 tahun invasi D-Day (6/6).

Gedung Putih mengatakan Presiden Obama dan Presiden Putin mengadakan pembicaraan informal dalam makan siang yang diselenggarakan oleh Presiden Perancis Francois Hollande, Jumat (6/6).

Gedung Putih mengatakan Presiden Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara singkat dalam upacara peringatan di Perancis, meskipun ada kerenggangan hubungan terkait aneksasi Rusia terhadap Semenanjung Krimea di Ukraina.

Gedung Putih mengatakan kedua pemimpin itu hari Jumat (6/6) mengadakan pembicaraan informal sekitar 15 menit dalam makan siang yang diselenggarakan oleh Presiden Perancis Francois Hollande.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan Presiden Obama menjelaskan kepada Presiden Putin bahwa Rusia harus mengakui Petro Poroshenko sebagai pemimpin sah Ukraina, mengurangi dukungan kepada kelompok separatis di Ukraina Timur dan menghentikan arus senjata dan material di sepanjang perbatasan.

Presiden Obama juga mendesak Presiden Putin untuk bekerjasama dengan pemerintah baru Ukraina guna mengurangi ketegangan dan mengisyaratkan bahwa kegagalan melakukan hal itu hanya hanya memperdalam isolasi terhadap Rusia.

Kantor berita Rusia mengutip juru bicara Putin, Dmitry Peskov, sebagai mengatakan kedua presiden menyerukan “percepatan upaya untuk menyudahi aksi kekerasan dan operasi militer”.

Sebelumnya Presiden Obama menyampaikan penghormatan kepada para veteran Perang Dunia Kedua dalam upacara yang menandai peringatan 70 tahun invasi D-Day yang memicu kalahnya Nazi-Jerman.

Dalam pidato di Pantai Omaha yang terletak di pesisir Normandia – Perancis, Presiden Obama memuji pasukan yang menurutnya “telah memberikan begitu banyak demi kelangsungan kebebasan yang saat ini berada dalam tahap bahaya”.
XS
SM
MD
LG