Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Obama, PM Italia Renzi akan Bertemu di Gedung Putih


Gedung Putih di Washington DC (Foto: dok).

Gedung Putih di Washington DC (Foto: dok).

PM Italia Matteo Renzi dan Presiden AS Barack Obama diperkirakan akan membahas isu-isu ekonomi Eropa, sebuah pakta perdagangan antara AS dan Eropa yang masih tertunda, perubahan iklim dan keamanan energi.

PM Italia Matteo Renzi akan bertemu dengan Presiden AS Barack Obama di Gedung Putih hari Jumat, untuk membandingkan berbagai masalah, seputar Ukraina, Libya dan kelompok militan ISIS.

Kedua pemimpin itu juga diduga akan membahas isu-isu ekonomi Eropa, sebuah pakta perdagangan antara AS dan Eropa yang masih tertunda, perubahan iklim dan keamanan energi.

Dengan Italia yang kini dilanda resesi, Renzi juga datang untuk mengusahakan dukungan Obama bagi program ekonominya. Italia juga berjuang mengatasi jumlah luar biasa migran yang berdatangan ke pantai negara itu, yang tidak bimbang menempuh pelayaran berbahaya mengarungi Laut Tengah, demi menghindari gejolak di Libya dan negara-negara lain di Afrika Utara dan Timur Tengah.

Polisi di Sisilia, hari Kamis, melaporkan bahwa migran Muslim melemparkan 12 migran Kristen ke laut dalam pelayaran terbaru dari Libya, sementara sebuah organisasi bantuan mengungkapkan 41 migran lainnya diduga tenggelam dalam sebuah insiden terpisah.

Presiden Obama dan PM Renzi pertama kali bertemu sewaktu Obama mengunjungi Italia tahun lalu, hanya beberapa minggu setelah perdana menteri umur 40 tahun itu memenangkan jabatannya tersebut.

XS
SM
MD
LG