Tautan-tautan Akses

AS

Obama Tekankan Komitmen pada Afrika dalam KTT Amerika-Afrika


Presiden AS Barack Obama

Presiden AS Barack Obama

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan negaranya membuat komitmen berskala besar dan untuk jangka panjang dengan Afrika dalam bentuk investasi baru sebesar 33 miliar dollar.

Berbicara hari Selasa pada Forum Bisnis Amerika-Afrika di Washington, Obama mengatakan investasi baru dan berbagai komitmen pendanaan yang baru ini akan memacu bursa kerja di Afrika dan Amerika. Mayoritas komitmen itu berasal dari perusahaan-perusahaan swasta seperti Coca-Cola dan IBM.

Presiden Obama menegaskan Amerika tidak hanya berminat pada kekayaan sumber daya alam di Afrika. Ia mengatakan aktivitas perdagangan dengan Afrika masih sangat kecil dan kedua pihak mampu memperbaikinya dengan lebih baik.

Konferensi tiga hari itu berakhir hari Rabu.

Obama mengatakan program Power Africa yang ia umumkan tahun lalu akan menaikkan tiga kali lipat komitmennya untuk menyediakan listrik bagi 20 juta lagi rumah dan kantor.

Ditengah wabah Ebola terburuk yang sedang melanda Afrika Barat, Obama mengatakan kepada para pemimpin Afrika bahwa kesuksesan ekonomi mereka di masa depan bisa terjamin dengan memprioritaskan kesehatan warga dan sistem layanan kesehatan.

XS
SM
MD
LG