Tautan-tautan Akses

Presiden Obama Mulai Lawatan ke Asia Pasifik


Presiden Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama saat menaiki tangga pesawat untuk menuju Honolulu, Hawaii (11/11).

Presiden Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama saat menaiki tangga pesawat untuk menuju Honolulu, Hawaii (11/11).

Sebelum memulai lawatan, Presiden Obama akan menjadi tuan rumah KTT APEC di kota kelahirannya di Honolulu, Hawaii.

Presiden Amerika Barack Obama memulai lawatan sembilan hari untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

Presiden Obama pertama akan menjadi tuan rumah KTT Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di kota kelahirannya, Honolulu, Hawaii. Diperkirakan, ia akan membahas usulan zona perdagangan bebas Pasifik yang mencakup Amerika, Australia, Brunei, Chili, Malaysia, Selandia Baru, Peru, Singapura dan Vietnam.

Jepang hari Jumat menyatakan akan ikut perundingan mengenai zona perdagangan bebas itu, untuk lebih menarik negara-negara ekonomi kuat lain di kawasan itu seperti Tiongkok.

Setelah singgah di Australia, Obama akan melakukan kunjungan kedua ke Indonesia sebagai presiden. Dalam lawatan ini, Obama akan menjadi presiden pertama Amerika yang menghadiri KTT ASEAN yang akan dilangsungkan di Bali.

Menurut pengamat, Obama juga memanfaatkan lawatannya ini untuk menegaskan kepada sekutu-sekutu, Amerika akan tetap berperan besar di kawasan itu guna mengimbangi pengaruh Tiongkok yang semakin kuat.

XS
SM
MD
LG