Tautan-tautan Akses

Presiden Obama Kemukakan Alasan Untuk Masa Jabatan Kedua


Presiden Amerika Serikat, Barack Obama (8/12).

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama (8/12).

Presiden Amerika Barack Obama telah mengemukakan alasannya untuk memenangkan masa jabatan kedua dengan menunjukkan dirinya sangat berbeda dari para calon penantangnya dari partai Republik.

Dalam wawancara hari Minggu pada televisi Amerika, Presiden mengibaratkan dirinya sebagai seorang kapten kapal di perairan yang dilanda badai. Ia mengatakan ia menyadari rakyat Amerika tidak merasa puas dengan keadaan ekonomi Amerika Serikat sekarang ini.

Ia mengatakan kalau rakyat yakin pada agenda Republik yang menghendaki pajak yang lebih rendah bagi orang kaya dan peraturan yang lebih lemah, ia akan kalah dalam pemilihan presiden tahun depan. Tetapi, ia mengatakan, ia tidak yakin bahwa rakyat Amerika menghendaki hal tersebut.

Sebaliknya, katanya, ia mengharapkan rakyat mengakui jasanya atas keberhasilan menghindarkan Depresi Besar kedua, menyelamatkan perindustrian mobil dan menurunkan biaya perawatan kesehatan.

Ia menolak kecaman kaum Republik bahwa kebijakannya merupakan pengadu-dombaan antar lapisan sosial masyarakat. Ia mengatakan ia sedang berusaha memulihkan Amerika dengan membina golongan menengah dan mengharuskan kaum kaya Amerika membayar pajak sedikit lebih banyak.

Para kontestan calon presiden dari partai Republik, termasuk kontestan terkemuka Mitt Romney dan Newt Gingrich, telah mengatakan Obama tidak mampu menyetir negara keluar dari krisis ekonomi.

XS
SM
MD
LG