Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Obama Kembali ke Washington


Presiden Obama melambaikan tangannya di tangga pesawat Kepresidenan AS di Bandara Internasional "King Khalid" di Riyadh, Arab Saudi sebelum bertolak kembali ke Amerika (29/3).

Presiden Obama melambaikan tangannya di tangga pesawat Kepresidenan AS di Bandara Internasional "King Khalid" di Riyadh, Arab Saudi sebelum bertolak kembali ke Amerika (29/3).

Dalam persinggahan terakhir lawatannya, Obama bertemu dengan Raja Arab Saudi, Abdullah untuk membicarakan perang saudara di Suriah dan program nuklir Iran.

Presiden Amerika Barack Obama dalam perjalanan pulang menuju Washington, Sabtu (29/3), setelah mengakhiri perjalanan diplomatik sepekan ke Timur Tengah dan Eropa.

Dalam persinggahan terakhir lawatannya, Obama bertemu dengan Raja Arab Saudi, Abdullah. Pertemuan mereka di dekat Riyadh Jumat itu terutama berfokus pada ketegangan akibat perang saudara di Suriah dan program nuklir Iran.

Sebelum meninggalkan Riyadh, presiden menyerahkan penghargaan Perempuan Pemberani dari Departemen Luar Negeri Amerika kepada Maha al-Muneef. Ia memberi penghargaan kepada aktivis Saudi itu atas perannya dalam memerangi kekerasan dalam rumah tangga.

Juga pada Jumat, Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Obama untuk membahas usulan Amerika mengenai penyelesaian krisis di Ukraina.

Gedung Putih menyatakan Obama menyarankan agar Putin memberi tanggapan tertulis atas solusi diplomatik yang diserahkan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry kepada Menteri Luar Negeri Rusia pekan ini.

Dalam wawancara yang ditayangkan CBS, Jumat, Obama mengatakan gerakan militer Rusia di dekat perbatasan Ukraina mungkin merupakan upaya mengintimidasi Ukraina.

Penduduk etnis Rusia yang mayoritas di Krimea memilih untuk memisahkan diri dari Ukraina dan bergabung dengan Rusia dalam referendum awal bulan ini, yang dianggap ilegal oleh negara-negara kuat Barat. Obama akan singgah sebentar di Jerman sebelum kembali ke Washington Sabtu malam.
XS
SM
MD
LG