Tautan-tautan Akses

Presiden Obama Garis Bawahi Perbaikan Ekonomi dalam Pidato Tahunannya


Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato kenegaraan tahunannya di gedung Kongres, Selasa (1/25).

Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato kenegaraan tahunannya di gedung Kongres, Selasa (1/25).

Presiden Obama mengimbau Amerika untuk berusaha lebih kuat dalam memastikan kepemimpinan dan daya saing globalnya nya di masa depan.

Presiden Amerika Barack Obama menggunakan pidato kenegaraannya yang ketiga untuk memberi garis besar sasarannya bagi negara dan kehendaknya akan investasi dalam inovasi, penelitian, pengembangan dan prasarana.

Dalam pidatonya yang disampaikan Selasa malam di depan majelis DPR dan Senat di gedung Kongres Amerika, Presiden Obama membahas keadaan ekonomi dan mengatakan Amerika Serikat sedang melangkah untuk maju. Tetapi, Obama menambahkan Amerika harus berusaha lebih kuat dalam memastikan kepemimpinan dan daya saingnya di masa depan.

Ia mengatakan investasi dalam penelitian dan pendidikan dapat memberi manfaat yang besar bagi Amerika Serikat, dengan mengemukakan bahwa Uni Soviet mengalahkan Amerika ke antariksa dalam tahun 1957 dengan peluncuran satelit bernama Sputnik, tetapi investasi Amerika kemudian memungkinkan Amerika memenangkan perlombaan ke bulan. Ia mengatakan investasi tersebut “mengobarkan gelombang inovasi” yang menciptakan perindustrian baru dan jutaan pekerjaan. Ia mengatakan generasi sekarang sedang menghadapi tantangan “Sputnik.”

Mengenai reformasi perawatan kesehatan, yang menurut golongan Republik akan mereka cabut atau gantikan, Obama mengatakan dirinya terbuka bagi gagasan baru untuk memperbaikinya, tetapi ia tidak bersedia membuang aspek-aspek yang menurutnya telah memperbaiki sistem pertanggungjawaban asuransi.

Presiden Obama hanya sedikit menyinggung mengenai kebijakan luar negeri. Obama mengatakan Amerika telah memenuhi misinya di Irak dan bahwa perang di sana akan segera berakhir. Sementara itu, tambah Obama, kekerasan telah menurun dan pemerintah baru telah dibentuk. Ia mengatakan Amerika juga terus berjuang melawan Al-Qaida. Presiden menambahkan bajwa Amerika telah mengirim pesan bahwa Amerika tidak akan berhenti atau ragu dan Amerika akan mengalahkan organisasi teror tersebut.

XS
SM
MD
LG