Tautan-tautan Akses

Obama di Tanzania, Persinggahan Terakhir Lawatan ke Afrika


Presiden AS Barack Obama melakukan dansa saat tiba di bandara Julius Nyerere di Dar es Salaam, Tanzania (1/7).

Presiden AS Barack Obama melakukan dansa saat tiba di bandara Julius Nyerere di Dar es Salaam, Tanzania (1/7).

Obama mengatakan di Dar es Salaam, Tanzania Senin (1/7) bahwa ia melihat Afrika sebagai "kisah sukses besar berikutnya di dunia."

Presiden Amerika Barack Obama telah mengupayakan kemitraan perdagangan baru dengan Afrika timur ketika berkunjung ke Tanzania, persinggahan terakhir dari tur di benua itu.

Obama mengatakan kepada para pemimpin bisnis Amerika dan Afrika di Dar es Salaam hari Senin bahwa ia melihat Afrika sebagai "kisah sukses besar berikutnya di dunia."

Dia mengumumkan usaha baru yang disebut "Perdagangan Afrika" yang bertujuan meningkatkan hubungan perdagangan antara sub-Sahara Afrika dan Amerika, dengan tahap awal berfokus ke Afrika Timur.

Dalama tur tiga negara di Afrika, Obama menekankan bahwa Amerika menghendaki hubungan dengan Afrika lebih didasarkan pada perdagangan daripada bantuan.

Obama disambut dengan permadani merah di bandara Dar es Salaam lengkap dengan kelompok penari. Ia lalu disambut ribuan warga Tanzania yang mengibarkan bendera ketika Obama tiba di Istana Negara untuk bertemu dengan presiden Jakaya Kikwete.

Dalam jumpa pers, Kikwete mengucapkan terima kasih kepada Obama atas bantuan melalui Korporasi Tantangan Millenium Amerika Serikat, yang menurutnya telah memperbaiki akses warga ke layanan dasar seperti air minum dan pendidikan.

Sementara itu, Gedung Putih mengatakan, mantan Presiden AS George W. Bush akan bertemu dengan Presiden Barack Obama selagi keduanya berada di Tanzania pekan ini.

Bush dan Obama hari Selasa akan menghadiri upacara peletakan karangan bunga untuk memberikan penghormatan kepada mereka yang tewas dalam pemboman kedutaan besar Amerika Serikat di Tanzania tahun 2008.

Bush berada di negara itu menghadiri konferensi mengenai perempuan Afrika yang diselenggarakan Lembaga George W. Bush.

Ibu negara Michelle Obama dan mantan ibu negara Laura Bush juga akan bertemu selama konferensi itu, dalam forum yang terfokus pada pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi perempuan.
XS
SM
MD
LG