Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Obama dan Presiden Xi Jinping Bertemu dalam KTT di California


Presiden Barack Obama (kiri) duduk berseberangan dengan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan informal di Annenberg, Sunnylands di wilayah Rancho Mirage, California (7/6).

Presiden Barack Obama (kiri) duduk berseberangan dengan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan informal di Annenberg, Sunnylands di wilayah Rancho Mirage, California (7/6).

Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden China Xi Jinping memulai pembicaraan informal di Sunnylands, dekat Los Angeles, Jum'at malam (8/6).

Dua pemimpin negara dengan perekonomian terbesar di dunia – Amerika dan China – Jum’at malam (8/6) membuka pertemuan dua hari di California, untuk memulai langkah baru dalam hubungan yang rumit, bahkan kadangkala diwarnai ketegangan.

Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden China Xi Jinping memulai pembicaraan informal di Sunnylands, dekat Los Angeles. Pertemuan ini merupakan yang pertama kalinya sejak Xi Jinping memegang jabatan sebagai Presiden China tahun ini.

Presiden Obama menyampaikan harapannya agar kedua negara bisa bekerjasama pada berbagai isu – termasuk keamanan dunia maya. Beberapa laporan baru-baru ini telah menuduh operasi yang berbasis di China, mencuri rahasia-rahasia militer dan komersial Amerika lewat spionase dunia maya.

Sementara itu Presiden China Xi Jinping menyampaikan harapannya agar kedua negara bisa membangun model baru hubungan “negara-negara besar”.

Kedua pemimpin diperkirakan akan menyampaikan keprihatinan Amerika tentang serangan dunia maya China terhadap bisnis dan militer Amerika, sementara China menyampaikan keprihatinan tentang peningkatan keterlibatan Amerika di kawasan Asia-Pasifik dan tuntutan untuk memperoleh akses yang lebih mudah ke pasar Amerika.

Program nuklir Korea Utara juga diperkirakan akan menjadi salah satu agenda penting.

Korea Utara sangat tergantung pada bantuan dan perdagangan dengan China. China mempertahankan hubungan dekat dengan Korea Utara, tetapi retorika keras, peluncuran roket dan uji nuklir tahun lalu telah membuat China kehilangan kesabaran. Presiden Xi Jinping telah menghimbau pemimpin Korea Utara Kim Jong-un untuk kembali ke perundingan perlucutan senjata nuklir.

Presiden Xi Jinping tiba di California hari Kamis setelah melawat ke Mexico, Kosta Rika dan Trinidad. Pejabat-pejabat pemerintahan Obama mengatakan pertemuan yang diatur secara informal akan memberi kesempatan pada kedua pemimpin membicarakan lebih banyak isu secara terbuka.
XS
SM
MD
LG