Tautan-tautan Akses

Obama dan Presiden China Akhiri KTT Informal


Presiden Obama dan Presiden Xi Jinping di tempat pertemuan Annenberg di Sunnylandsm Rancho Mirage, California (7/6).

Presiden Obama dan Presiden Xi Jinping di tempat pertemuan Annenberg di Sunnylandsm Rancho Mirage, California (7/6).

Presiden Obama dan Presiden China Xi Jinping mengakhiri KTT dua hari yang membahas beragam isu, termasuk keamanan dunia maya, Korea Utara dan perubahan iklim.

Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden China Xi Jinping telah menyelesaikan KTT informal dua hari yang membahas beragam isu, termasuk di antaranya keamanan dunia maya, Korea Utara dan perubahan iklim.

Penasihat keamanan nasional Tom Donilon mengatakan kepada para wartawan, kedua pemimpin sepakat bahwa menyelesaikan berbagai perbedaan pendapat mengenai keamanan dunia maya akan menjadi kunci bagi masa depan hubungan bilateral. Donilon juga mengatakan kedua pemimpin sepakat bahwa Korea Utara harus meninggalkan program senjata nuklirnya.

Jika isu-isu keamanan dunia maya tidak diselesaikan, dan pencurian langsung terhadap properti Amerika berlanjut, Donilon mengatakan akan ada masalah sangat sulit dalam hubungan ekonomi sekarang ini.

Donilon dan Penasihat Negara China Yang Jiechi mengemukakan, Presiden Xi mengatakan kepada Obama bahwa Beijing dan Washington memiliki kesamaan pendapat mengenai isu nuklir Korea Utara dan kedua negara itu tidak akan menerima Korea Utara sebagai negara pemilik senjata nuklir.

Korea Utara sangat bergantung pada China dalam hal bantuan dan perdagangan, dan Beijing juga mempertahankan hubungan erat dengan Pyongyang. Akan tetapi, retorika bernada permusuhan yang dilontarkan Korea Utara belakangan ini, termasuk di antaranya ancaman-ancaman melancarkan serangan nuklir terhadap Amerika Serikat dan sekutu-sekutu Korea Selatan lainnya, jelas-jelas membuat dingin hubungan Korea Utara dan China dalam beberapa bulan ini.
XS
SM
MD
LG