Tautan-tautan Akses

Presiden Obama akan Temui Pasukan AS yang Menggrebek Bin Laden


Para anggota unit elit militer AS, Navy SEALs melakukan latihan operasi khusus dengan helikopter (foto: dok.).

Para anggota unit elit militer AS, Navy SEALs melakukan latihan operasi khusus dengan helikopter (foto: dok.).

Obama akan pergi ke Fort Campbell di Kentucky untuk menyampaikan langsung terima kasihnya kepada satuan Navy SEALs atas jasa mereka.

Presiden Amerika Barack Obama akan bertemu hari Jumat dengan regu komando SEALs angkatan laut Amerika yang melakukan penggrebekan yang menewaskan pemimpin al-Qaida Osama bin Laden di Pakistan.

Presiden akan pergi ke Fort Campbell di Kentucky untuk menyampaikan langsung terima kasihnya kepada satuan Navy SEALs dan anggota lain militer Amerika atas jasa mereka, setelah penggrebekan Senin pagi terhadap kompleks perumahan bin Laden di kota Abbottabad, Pakistan.

Para pejabat Amerika mengatakan pemeriksaan awal dokumen yang disita dari kompleks itu menunjukkan al-Qaida mempertimbangkan pelaksanaan serangan teroris terhadap kereta api di lokasi yang tidak disebut di Amerika, pada hari genapnya 10 tahun serangan teror 11 September tahun 2001.

Sebuah dokumen Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika yang diperoleh hari Kamis oleh organisasi berita Amerika mengatakan al-Qaida memikirkan tentang pengrusakan rel kereta api supaya kereta api jatuh dari jembatan ke suatu lembah. Para pejabat Amerika mengatakan mereka tidak mempunyai bukti rencana itu masih aktif.

Sementara itu, harian Washington Post melaporkan bahwa CIA mempunyai sebuah rumah aman atau persembunyian di Abbottabad bagi sebuah kelompok kecil mata-mata yang melakukan pengintaian selama berbulan-bulan terhadap kompleks di mana bin Laden ditemukan. Laporan itu, yang mengutip pejabat Amerika, mengatakan CIA pergi ke Kongres Desember lalu untuk memperoleh wewenang untuk pengalihan dana anggaran CIA untuk membiayai rumah aman itu.

XS
SM
MD
LG