Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Obama akan Jamu Presiden Tunisia di Gedung Putih


Presiden Tunisia, Beji Caid Essebsi (Foto: dok).

Presiden Tunisia, Beji Caid Essebsi (Foto: dok).

Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan bertemu dengan Presiden Tunisia, Beji Caid Essebsi, di Gedung Putih, Kamis (21/5), untuk membantu menggaris bawahi dukungan Washington bagi transisi demokrasi di negara itu.

Presiden Tunisia, Beji Caid Essebsi memegang jabatan setelah pemilihan umum bersejarah di negerinya bulan Desember lalu.

Para pejabat Amerika Serikat mengatakan Presiden Barack Obama akan bertemu dengan Presiden Beji Caid Essebsi, di Gedung Putih, Kamis (21/5), untuk membahas peningkatan bantuan militer dan ekonomi Amerika Serikat bagi Tunisia, berkaitan dengan masalah pengangguran pemuda yang luas dan ancaman ketidakstabilan regional.

Presiden Zine El Abidine Ben Ali yang lama berkuasa, digulingkan oleh protes-protes demokrasi tahun 2011, yang mengilhami Kebangkitan Arab di seantero Afrika Utara dan Timur Tengah.

Sejak itu, negara ini berhasil menyelenggarakan beberapa pemilu dengan sukses. Meskipun dilanda kekerasan, partai-partai Islamis dan sekuler di negara itu sebagian besar terhindar dari gejolak yang menyapu negara-negara Arab lain yang dilanda pemberontakan.

XS
SM
MD
LG