Tautan-tautan Akses

Presiden Nigeria Pimpin Perolehan Suara Sementara


Presiden Nigeria Goodluck Jonathan datang untuk mencoblos di Otuoke, Sabtu (16/4).

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan datang untuk mencoblos di Otuoke, Sabtu (16/4).

Situs Komisi Pemilu Nasional Independen Nigeria menunjukkan Presiden Goodluck Jonathan menang di 21 dari 29 negara bagian.

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan memimpin jauh dalam hasil pemilihan presiden, dalam kelanjutan penghitungan suara di negara terpadat di benua Afrika ini.

Situs Komisi Pemilu Nasional Independen Nigeria menunjukkan Jonathan menang di 21 dari 29 negara bagian yang hasilnya telah ditampilkan. Saingan utamanya, Muhammadu Buhari, menunjukkan perolehan besar di kawasan utara yang didominasi warga Muslim.

Agar menang dan menghindari putaran kedua, seorang kandidat memerlukan perolehan suara mayoritas dan sedikitnya seperempat dari suara di 24 dari 36 negara bagian.

Presiden Jonathan, seorang pemeluk Kristen dari kawasan penghasil minyak Delta Niger, adalah favorit di antara sejumlah kandidat dalam persaingan ini. Buhari, seorang bekas pejabat militer, berasal dari kawasan Muslim di utara. Ia kalah dalam dua pilpres sebelumnya.

Kekerasan terkait pemilu terjadi Sabtu malam setelah para pengamat mengatakan proses pemilu sebagian besar berlangsung tenang, dan hanya ada sejumlah kecil kasus kecurangan.

XS
SM
MD
LG