Tautan-tautan Akses

Presiden Nigeria: Boko Haram Ancaman bagi Afrika Barat, Utara, dan Tengah


President Nigeria Goodluck Jonathan, dalam Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia ke-43 di Davos, Swiss, 23 Januari 2013. (AP Photo/Michel Euler)

President Nigeria Goodluck Jonathan, dalam Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia ke-43 di Davos, Swiss, 23 Januari 2013. (AP Photo/Michel Euler)

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan menyebut kelompok teror Islamis yang berbasis di Nigeria, Boko Haram, satu ancaman terhadap seluruh Afrika Barat, Utara, dan Tengah.

Dalam wawancara dengan televisi CNN hari Rabu (23/1), Presiden Nigeria Goodluck Jonathan menyerukan kepada seluruh dunia agar bekerjasama dengan Nigeria untuk membendung kelompok Boko Haram. Ia mengatakan para anggota Boko Haram telah pergi ke Mali utara, yang dikuasai kaum ekstrimis yang terkait al-Qaida.

Presiden Nigeria itu membantah bahwa korupsi di Nigeria turut membakar kekerasan. Ia juga membantah tuduhan bahwa tentara Nigeria telah melakukan pelanggaran hak azasi manusia terhadap kaum sipil dengan kedok memerangi terorisme.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton menyebut Boko Haram dalam kesaksiannya di hadapan komisi Kongres hari Rabu (23/1). Dia menyebut Boko Haram merupakan bagian dari gerakan Jihadis global yang sama dengan al-Qaida dan Ansar al-Sharia.

Boko Haram telah membunuh ribuan orang dalam usaha mereka menyebarkan hukum Syariah Islam yang konservatif di seluruh Nigeria. Sasaran pemboman yang sering dilakukannya, antara lain, polisi, tentara dan gereja-gereja Kristen.
XS
SM
MD
LG