Tautan-tautan Akses

Presiden Namibia Terima Penghargaan Ibrahim


Presiden Namibia, Hifikepunye Pohamba dinilai berhasil memajukan demokrasi selama masa jabatannya (foto: dok).

Presiden Namibia, Hifikepunye Pohamba dinilai berhasil memajukan demokrasi selama masa jabatannya (foto: dok).

Penghargaan dari Yayasan Mo Ibrahim pertama diberikan kepada Presiden Namibia, Hifikepunye Pohamba yang akan segera mengakhiri masa jabatannya.

Untuk kali pertama sejak 2011, Yayasan Mo Ibrahim hari Senin (2/3), memberikan penghargaan kepemimpinan Afrika. Penghargaan pertama itu diberikan kepada Presiden Namibia yang akan segera mengakhiri masa jabatannya, Hifikepunye Pohamba.

Pohamba memimpin Namibia sejak 2005 dan merebut masa jabatannya yang kedua pada 2009 sementara negara itu menikmati stabilitas politik.

Panitia penghargaan memuji presiden tersebut atas kepemimpinannya yang bijak dan berhasil, serta usahanya dalam memajukan demokrasi selama masa jabatannya.

Ketua Panitia Salim Ahmed Salim mengatakan, reputasi Namibia telah dibentuk oleh demokrasi yang dikelola dengan baik, stabil, dan menyeluruh, serta kebebasan media yang kuat dan penghormatan terhadap HAM.

Yayasan Mo Ibrahim akan memberi Pohamba penghargaan uang tunai sebesar 5 juta dolar dalam kurun waktu 10 tahun, dan kemudian memberinya tambahan 200.000 dolar per tahun setelahnya.

Penghargaan kepemimpinan Afrika diberikan kepada pemimpin Afrika yang terpilih secara demokratis, unggul dalam kepemimpinannya dan meninggalkan posisinya setelah masa jabatannya berakhir.

XS
SM
MD
LG