Tautan-tautan Akses

Presiden Myanmar akan Temui Aung San Suu Kyi


Presiden Myanmar Thein Sein (kanan) mengundang pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi untuk bertemu hari Jumat 31/10 (foto: dok).

Presiden Myanmar Thein Sein (kanan) mengundang pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi untuk bertemu hari Jumat 31/10 (foto: dok).

Presiden Thein Sein mengundang pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi untuk bertemu hari Jumat (31/10) menjelang KTT Asia Timur di Myanmar.

Presiden Myanmar mengundang pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi, panglima militer, dan ketua parlemen untuk bertemu hari Jumat (31/10), kurang dari dua minggu sebelum Myanmar kedatangan sejumlah pemimpin dunia termasuk Presiden Amerika Barack Obama.

Ini akan menjadi pertemuan pertama Suu Kyi dengan panglima militer Min Aung Hlaing, yang memiliki peran politik penting berdasarkan konstitusi dan mempunyai hak veto atas amandemen konstitusi. Beberapa politisi lain juga diundang untuk hadir dalam pertemuan itu.

Setelah mendapat pujian internasional karena mengarahkan negara itu dari kediktatoran ke demokrasi, Presiden Thein Sein kembali dikritik karena berbagai reformasi politik dan perundingan perdamaian dengan pemberontak etnis dianggap telah mandek.

Suu Kyi telah berulangkali meminta selama setahun ini untuk bertemu dengan presiden, panglima militer dan ketua parlemen untuk membahas proses reformasi politik di Myanmar, tetapi permintaan pemenang hadiah Nobel Perdamaian itu terus ditolak. Suu Kyi secara konstitusional dilarang mencalonkan diri dalam pemilu presiden tahun depan.

Pihak oposisi mengatakan pertemuan hari Jumat itu tidak lebih dari sandiwara belaka demi menunjukkan kepada para peserta KTT Asia Timur mendatang bahwa dialog politik terus berjalan.

XS
SM
MD
LG