Tautan-tautan Akses

Dituntut Mahkamah Agung, Presiden Mesir Pertahankan Jaksa Agung


Presiden Mesir Mohamed Morsi akhirnya mempertahankan jabatan Jaksa Agung setelah didesak oleh Mahkamah Agung Mesir (foto: dok).

Presiden Mesir Mohamed Morsi akhirnya mempertahankan jabatan Jaksa Agung setelah didesak oleh Mahkamah Agung Mesir (foto: dok).

Presiden Mesir Mohamed Morsi memecat jaksa agung dari jabatannya hari Kamis setelah pengadilan membebaskan 24 orang yang setia pada mantan Presiden Hosni Mubarak.

Presiden Mesir Mohamed Morsi setuju untuk mempertahankan Jaksa Agung dalam jabatannya setelah ada permintaan dari Mahkamah Agung Mesir. Pejabat-pejabat pemerintah dan peradilan hari Sabtu mengatakan keduanya mencapai kesepakatan di mana jaksa akan tetap pada jabatannya sekarang.

Menjelang pertemuan tersebut, Jaksa Agung Abdel Maguid Mahmoud menentang keputusan presiden untuk menurunkannya dari jabatan dengan mendatangi kantornya di Kairo dikelilingi ratusan hakim dan pengacara. Beberapa warga Mesir menunjukkan dukungan mereka dengan berkumpul di luar kantornya, dengan seorang perempuan memegang poster yang mengatakan, "Morsi harus mundur jika jaksa turun."

Hari Jumat, pendukung Morsi bentrok dengan penentang di Lapangan Tahrir, Kairo, dalam kekerasan terburuk sejak pemimpin baru Islam Mesir menjabat tahun ini. Kementerian kesehatan mengatakan setidaknya 12 orang luka-luka.

Morsi memecat jaksa agung dari jabatannya hari Kamis setelah pengadilan membebaskan 24 orang yang setia pada mantan Presiden Hosni Mubarak yang digulingkan atas tuduhan mengorganisir serangan brutal terhadap demonstran tahun lalu. Aktivis menyalahkan Mahmoud karena menyajikan bukti lemah yang mengakibatkan pembebasan mereka.

Morsi semula hendak menghindari proses hukum itu dengan menunjuk Mahmoud sebagai Dutabesar Mesir untuk Vatikan.
XS
SM
MD
LG