Tautan-tautan Akses

Presiden Mesir Bertemu Utusan Qatar, Tanda Hubungan Cair


Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi berbicara dengan media di Kairo. (Foto: Dok)

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi berbicara dengan media di Kairo. (Foto: Dok)

Qatar adalah pendukung kuat pendahulu el-Sissi, Presiden Mohammed Morsi, yang digulingkan Juli 2013 oleh militer, menyusul adanya protes massa.

Presiden Mesir menerima utusan Emir Qatar, Sabtu (20/12), pertemuan pertama sejak Abdel Fattah-el-Sissi menjabat presiden musim panas lalu, menandakan mencairnya hubungan kedua negara.

Pertemuan itu juga merupakan yang pertama sejak negara-negara Teluk, yang dipimpin Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, mencapai kesepakatan rekonsiliasi dengan Qatar bulan lalu guna meredakan ketegangan regional terkait dukungan Qatar terhadap kelompok-kelompok Islamis di seluruh wilayah itu.

Seorang utusan kerajaan Saudi menghadiri pertemuan Sabtu itu. Kantor el-Sissi mengatakan Mesir mengharapkan "era baru dengan melupakan perselisihan masa lalu."

Qatar adalah pendukung kuat pendahulu el-Sissi, Presiden Mohammed Morsi, yang digulingkan Juli 2013 oleh militer, menyusul adanya protes massa. El-Sissi, yang ketika itu menjabat panglima militer, terpilih sebagai presiden Juni lalu.

XS
SM
MD
LG