Tautan-tautan Akses

Presiden Mesir Batalkan Penunjukan ElBaradei


Mohamed ElBaradei, mantan kepala badan pengawas nuklir PBB dan pemenang Hadiah Nobel untuk Perdamaian di Kairo. (Foto: Dok)

Mohamed ElBaradei, mantan kepala badan pengawas nuklir PBB dan pemenang Hadiah Nobel untuk Perdamaian di Kairo. (Foto: Dok)

Presiden baru Mesir tampaknya membatalkan penunjukan pemimpin pro-reformasi Mohamed ElBaradei sebagai perdana menteri interim.

Seorang juru bicara Presiden interim Adly Mansour mengatakan Sabtu (6/7) bahwa konsultasi dilanjutkan dan membantah bahwa penunjukan pemimpin pro-reformasi dan pemenang hadiah Nobel, Mohamed ElBaradei, sebagai perdana menteri interim sudah merupakah hal yang pasti.

Ia mengatakan tak ada kandidat lain tetapi belum ada tanggapan pasti untuk penunjukan perdana menteri interim.

Pada Sabtu, pejabat oposisi mengatakan ElBaradei dipanggil oleh Mansour dan akan disumpah kemudian sebagai perdana menteri interim.

Seorang juru bicara senior Ikhwanul Muslimin mengatakan kepada kantor berita Reuters, kelompoknya menolak penunjukan ElBaradei sebagai perdana menteri dan pendukung Ikhwanul bertekad untuk meneruskan protes mereka sampai mantan presiden Mohamad Morsi dikembalikan ke posisinya yang semula.

Pihak militer Mesir telah menangkap Morsi dan pemimpin-pemimpin lain dari Ikhwanul Muslimin Rabu, yang dianggap perlu untuk mencegah pemberontakan massal. Bentrokan antara pendukung dan lawan Morsi meletup Jumat di Kairo dan seluruh negara, mengakibatkan 36 orang tewas dan lebih dari 1.000 orang cedera.

Di Washington, Presiden Barack Obama mengungkapkan keprihatinan dengan kelanjutan perpecahan di Mesir. Ia menekankan bahwa Amerika tidak terkait dengan dan tidak mendukung partai atau kelompok apapun di Mesir.
XS
SM
MD
LG