Tautan-tautan Akses

Presiden Meksiko dan Obama akan Bahas UU Imigrasi Arizona


Presiden AS Barack Obama dan Presiden Meksiko Felipe Calderon (foto: dokumentasi).

Presiden AS Barack Obama dan Presiden Meksiko Felipe Calderon (foto: dokumentasi).

UU imigrasi yang kontroversial tersebut akan menjadi agenda utama Calderon dalam kunjungannya ke Gedung Putih hari ini.

Presiden Amerika Barack Obama akan menyambut kedatangan Presiden Meksiko Felipe Calderon di Gedung Putih hari ini, untuk melakukan pembicaraan yang diperkirakan akan meliputi imigrasi dan kekerasan narkoba di sepanjang perbatasan bersama kedua negara.

Presiden Calderon telah mengatakan ia akan mengangkat masalah undang-undang imigrasi baru yang konroversial di negara bagian perbatasan, Arizona, Amerika Serikat, saat ia bertemu dengan Obama dan para anggota Kongres nanti.

Presiden Obama telah menyebut undang-undang itu “keliru,” dan mengatakan undang-undang imigrasi Arizona akan merongrong keadilan mendasar yang dibanggakan warga Amerika. Pemerintahan Calderon telah mengeluarkan peringatan kepada warganya agar tidak bepergian ke Arizona.

Undang-undang tersebut, yang akan mulai berlaku beberapa minggu lagi, mengharuskan imigran di Arizona untuk selalu membawa surat pendaftaran, dan mengharuskan polisi menanyai orang bila ada alasan untuk mencurigai orang tersebut sebagai imigran gelap. Para penentangnya mengatakan undang-undang itu akan mengakibatkan diskriminasi berdasarkan ras. Tetapi, para pendukung undang-undang itu mengatakan undang-undang tersebut akan membantu memerangi gelombang kejahatan yang disebut sebagian pihak, dilakukan imigran gelap.

XS
SM
MD
LG