Tautan-tautan Akses

Presiden Malawi akan Patuhi Putusan Pengadilan soal Sengketa Pemilu


Presiden Malawi Joyce Banda saat memberikan suara dalam pemilu di distrik
Malemia (20/5) lalu.

Presiden Malawi Joyce Banda saat memberikan suara dalam pemilu di distrik Malemia (20/5) lalu.

Presiden Malawi Joyce Banda, mengatakan akan akan menerima apapun hasil keputusan pengadilan tinggi negara itu soal hasil pemilu yang disengketakan.

Presiden Malawi, Joyce Banda, mengatakan akan mengundurkan diri tanpa perlawanan jika keputusan pengadilan tinggi negara itu tidak mendukungnya dalam hasil pemilihan yang disengketakan pekan lalu.

Pengadilan Tinggi siap memberi keputusan hari Jumat apakah hasil pemilu harus diumumkan atau penghitungan ulang suara harus diadakan.

Hasil sebagian dari pemilu menunjukan Joyce Banda tertinggal oleh lawannya, Peter Mutharika .

Banda mengatakan pemilu itu penuh dengan kecurangan, termasuk pemalsuan surat suara dan orang-orang memilih lebih dari satu kali.

Banda mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa ia akan menerima keputusan pengadilan tinggi, menyadari bahwa ia telah berusaha membela hak-hak rakyat Malawi guna mendapat pemimpin yang terpilih secara adil dan terpercaya.

Joyce Banda telah memerintahkan pelaksanaan pemilu baru dalam waktu 90 hari dan mengatakan ia tidak akan mencalonkan diri. Namun Pengadilan Tinggi menolak pemilu baru itu atas keluhan oposisi utama.
XS
SM
MD
LG