Tautan-tautan Akses

Presiden Lebanon Tunjuk Perdana Menteri yang Didukung Hizbullah


PM Najib Mikati saat berbicara kepada media di istana Presiden Lebanon di Baabda, Beirut timur, 25 Januari 2011.

PM Najib Mikati saat berbicara kepada media di istana Presiden Lebanon di Baabda, Beirut timur, 25 Januari 2011.

Presiden Michel Suleiman telah menunjuk calon PM Najib Mikati yang didukung Hizbullah selagi aksi protes marak di beberapa kota.

Presiden Lebanon Michel Suleiman menunjuk calon perdana menteri Najib Mikati yang didukung Hizbullah selagi protes-protes marak di beberapa kota.

Mikati mengatakan kepada wartawan ia menginginkan keberagaman kepentingan politik selagi ia membantu memimpin pembentukan pemerintahan. Ia mendesak partai-partai politik di negara itu untuk ambil bagian dalam pemerintahan baru dengan mengatakan penunjukannya bukan pertanda kemenangan satu kubu atas kubu lainnya.

Ribuan pendukung bekas Perdana Menteri Saad Hariri yang marah turun ke jalan-jalan hari Selasa di beberapa kota, meneriakkan kesetiaan mereka kepada bekas pemimpin itu. Sebagian demonstran mengatakan mereka tidak akan membiarkan Lebanon mengarah pada “jalur Iran” merujuk pada dukungan Iran terhadap Hizbullah.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan Amerika berharap pemerintahan itu akan tampil melayani kepentingan rakyat Libanon dan “mempertahankan kemerdekaan serta kedaulatan” Lebanon. Ia juga mengatakan Lebanon yang dikuasai Hizbullah “jelas akan berdampak” pada hubungan bilateral dengan Amerika.


Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah menyerukan kerjasama dengan pemerintahan baru itu dalam pidatonya hari Selasa ketika memperingati hari keagamaan Shiah.

Hariri dan Mikati sama-sama menyerukan supaya tenang.

XS
SM
MD
LG