Tautan-tautan Akses

Presiden Kuba Temui Anggota Kongres AS di Havana


Presiden Kuba, Raul Castro (kanan) menyambut Senator AS Patrick Leahy di Havana, Kuba (Foto: dok).

Presiden Kuba, Raul Castro (kanan) menyambut Senator AS Patrick Leahy di Havana, Kuba (Foto: dok).

Presiden Kuba Raul Castro bertemu dengan sekelompok anggota Kongres Amerika yang sedang mengusahakan pembebasan seorang warga AS yang telah ditahan di Havana sejak tahun 2009.

Dalam pernyataan yang dirilis oleh pemerintah Kuba, Castro dan delegasi Amerika yang dipimpin oleh Senator Patrick Leahy dari partai Demokrat tersebut membicarakan isu-isu yang menyangkut kepentingan kedua negara. Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez juga menghadiri pertemuan itu.

Delegasi Kongres Amerika itu menghendaki pihak berwenang Kuba membebaskan Alan Gross, yang dijatuhi hukuman 15 tahun penjara setelah ia ditangkap karena memiliki peralatan komunikasi. Gross berada di Kuba bekerja sebagai seorang kontraktor untuk program Departemen Luar Negeri Amerika.

Senator Leahy memimpin delegasi serupa ke Kuba tahun lalu, dimana ia bertemu dengan Castro dan Gross.

Havana telah menawarkan untuk membebaskan Gross sebagai imbalan atas pembebasan lima orang mata-mata Kuba yang ditangkap di Amerika dalam tahun 1990-an dan sedang menjalani hukuman penjara yang lama. Tetapi Washington telah menolak melakukan pertukaran tahanan demikian.
XS
SM
MD
LG