Tautan-tautan Akses

Presiden Kuba Dukung Tawaran Suaka untuk Snowden


Presiden Kuba Raul Castro menyatakan dukungannya bagi negara-negara yang menawarkan suaka untuk Edward Snowden (Foto: dok).

Presiden Kuba Raul Castro menyatakan dukungannya bagi negara-negara yang menawarkan suaka untuk Edward Snowden (Foto: dok).

Presiden Kuba Raul Castro menyatakan dukungannya bagi tiga negara berhaluan kiri yang menawarkan suaka untuk bekas pegawai badan intelijen Amerika Edward Snowden.

Presiden Kuba mengatakan ia mendukung hak semua negara di kawasan itu untuk memberikan suaka kepada orang-orang “yang dianiaya kerena cita-cita mereka.”

Para pemimpin Venezuela, Nikaragua dan Bolivia telah mengatakan mereka akan menerima Snowden, 30 tahun, yang membocorkan keterangan rahasia program pengintaian yang dilakukan oleh Badan Keamanan Nasional Amerika.

Tidak jelas bagaimana Snowden akan mencapai negara-negara Amerika Latin itu. Pemerintah Kuba belum mengatakan apakah negara itu akan mengizinkannya melalui Kuba.

Snowden diperkirakan masih berada di daerah transit Bandara Moskow sejak ia tiba dari Hongkong dua minggu yang lalu, tidak bisa melanjutkan perjalanannya karena pemerintah Amerika telah mencabut paspornya.

Seorang anggota parlemen Rusia yang berpengaruh yang sering berbicara bagi Kremlin telah mendesak Snowden untuk menerima tawaran suaka politik di Venezuela.

Alexei Pushkov, kepala komisi hubungan luar negeri parlemen Rusia, telah memasang beberapa pesan Twitter mengenai kasus ini, termasuk satu pesan hari Minggu yang berbunyi “Venezuela sedang menunggu jawaban Snowden, dan ini kemungkinan adalah kesempatannya yang terakhir untuk mendapat suaka politik.”
XS
SM
MD
LG