Tautan-tautan Akses

Presiden Kroasia Tunjuk Pengusaha sebagai PM Baru


PM baru Kroasia, Tihomir Oreskovic tiba di Istana Presiden Kroasia di Zagreb, Rabu (23/12).

PM baru Kroasia, Tihomir Oreskovic tiba di Istana Presiden Kroasia di Zagreb, Rabu (23/12).

Presiden Kolinda Grabar-Kitarović Rabu (23/12) menunjuk seorang pimpinan perusahaan farmasi yang namanya kurang dikenal sebagai PM baru Kroasia.

Presiden Kroasia, Kolinda Grabar-Kitarović telah menunjuk seorang pimpinan perusahaan farmasi yang namanya kurang dikenal sebagai perdana menteri Kroasia berikutnya, sebulan lebih setelah pemilu parlemen tidak menunjukkan pemenang yang jelas.

“Saya berusaha sebaik mungkin untuk membentuk pemerintah yang berkualitas,” kata Tihomir Oreskovic. “Satu-satunya tujuan kita adalah bekerja sama untuk hari esok menjadi hari yang lebih baik dari sekarang bagi warga Kroasia.”

Oreskovic tidak punya afiliasi dengan partai apapun dan hanya sedikit yang diketahui mengenai dirinya selain ia mantan pimpinan perusahaan farmasi terbesar di Kroasia.

Ia adalah calon dari hasil kompromi dua partai Kroasia yang konservatif, Persatuan Demokratik Kroasia, yang memenangkan 59 kursi pada pemilu bulan lalu dan dan partai yang baru terbentuk, “Most Party” atau Partai Terbanyak yang memenangkan 19 kursi.

Partai Sosial Demokratik sayap kiri yang berkuasa memenangkan 56 kursi. Tidak satupun dari partai tersebut yang memenangkan cukup kursi untuk membentuk pemerintahan sendiri.

Kroasia adalah anggota terbaru Uni Eropa dan kesulitan untuk pertumbuhan ekonominya menghadapi kesulitan juga menghadapi gelombang pengungsi besar-besaran yang berusaha mencapai Uni Eropa dari Suriah. [my/jm]

XS
SM
MD
LG