Tautan-tautan Akses

Presiden Korsel Perkeras Pendekatan Terhadap Korut


President Korea Selatan Park Geun-hye (Foto: dok).

President Korea Selatan Park Geun-hye (Foto: dok).

President Korea Selatan Park Geun-hye membela keputusannya untuk menutup kawasan industri Kaesong, sebagai tanggapan atas uji coba senjata nuklir dan rudal balistik yang dilakukan oleh rezim itu baru-baru ini.

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye memperingatkan Korea Utara bahwa Seoul akan mengambil pendekatan lebih keras terhadap Korea Utara jika rezim itu terus berusaha mengembangkan senjata nuklir.

Dalam pidato di depan Majelis Nasional yang ditayangkan secara nasional lewat televisi hari Selasa, President Park membela keputusannya untuk menutup kawasan industri Kaesong, pusat manufaktur yang dikelola bersama dengan Korea Utara, sebagai tanggapan atas uji coba senjata nuklir dan rudal balistik yang dilakukan oleh rezim itu baru-baru ini.

Presiden Park mengulangi tuduhan sebelumnya bahwa Korea Utara telah mengalirkan upah tahunan $100 juta dari perusahaan-perusahaan Korea Selatan bagi 53.000 warga Korea Utara yang bekerja di kawasan tersebut, dan menggunakan uang itu untuk mendanai program nuklirnya.

“Tampaknya jelas bahwa pendekatan diplomatik 'beriktikad baik' selama ini dengan Korea Utara belum berhasil, dan oleh karena itu pemerintah Korea Selatan harus mengambil 'langkah-langkah yang keras dan efektif' untuk akhirnya meyakinkan Korea Utara bahwa program pengembangan nuklirnya hanya akan mempercepat runtuhnya rezim itu,” kata Presiden Park kepada para anggota parlemen. [lt]

XS
SM
MD
LG