Tautan-tautan Akses

Presiden Korsel Hadapi Satu Lagi Masalah Reputasi


Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye (Foto: dok).

Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye (Foto: dok).

Lebih dari dua tahun setelah Sewol tenggelam, pemerintah akhirnya memulai usaha mengangkat bangkai kapal itu bulan Juni.

Sementara Presiden Korea Selatan Park Geun-hye menghadapi desakan yang memuncak agar meletakkan jabatan atas tuduhan skandal korupsi, dia baru-baru ini mendapat kabar buruk lagi mengenai bencana pada waktu lalu yang pertama merusak kredibilitasnya di mata masyarakat. Bencana tersebut adalah tenggelamnya kapal feri Sewol tahun 2014.

Lebih dari dua tahun setelah Sewol tenggelam, pemerintah akhirnya memulai usaha mengangkat bangkai kapal itu bulan Juni. Pemerintah berencana menyelesaikan pengangkatan itu sebelum akhir Juli, tetapi kemudian mengatakan pemerintah menangguhkannya hingga akhir Oktober.

Sekarang sudah bulan November, satu subkontraktor perusahaan Shanghai Salvage Company, perusahaan yang dipilih oleh pemerintah untuk memimpin pengangkatan, mengatakan pengangkatan kapal itu tidak akan mungkin diselesaikan tahun ini.

“Kalau perkiraan sudah mulai meleset, pemerintah Korea Selatan seharusnya mengatakan mari kita lakukan ini berapa lamapun waktu yang diperlukan, “ kata Bill Stewart, pimpinan perusahaan Stewart Technology Associates dan seorang pakar dalam dinamika pengangkatan kapal di samudera terbuka. [gp]

XS
SM
MD
LG