Tautan-tautan Akses

Presiden Korea Selatan Kunjungi Washington Akhir Pekan Ini


Presiden Korea Selatan Park Geun-hye akan memulai lawatan enam hari ke Amerika akhir pekan ini (Foto: dok).

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye akan memulai lawatan enam hari ke Amerika akhir pekan ini (Foto: dok).

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye akan memulai kunjungan resmi pertamanya ke Washington, Minggu (5/5).

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye yang baru menjabat bulan Februari lalu, akan melakukan lawatan enam hari untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan keamanan antara Amerika dan Korea Selatan. Dalam kunjungannya, Park Geun-hye akan didampingi delegasi ekonomi terbesar Korea Selatan yang pernah berkunjung ke Amerika.

Salah satu di antara ke-51 pemimpin perusahaan yang mendampingi Presiden Park Geun-hye adalah Presiden Direktur perusahaan konglomerat Samsung Electronics dan direktur-direktur utama dari lima perusahaan terbesar di negara itu.

Hwang Tae-soon, peneliti senior di LSM swasta Wisdom Center, mengatakan bahwa Presiden Park dan Presiden Obama dalam peringatan 60 tahun hubungan Amerika Serikat-Korea Selatan, akan menegaskan bahwa Korea Utara tidak akan dapat mencapai tujuannya jika Korea Utara mempertahankan program nuklirnya.

Hwang akan mengirim pesan bahwa “Korea Selatan dan Amerika akan bersikap tegas terhadap Korea Utara kecuali Korea Utara membuka pintunya menuju reformasi."

Pyongyang telah menunjukkan bahwa mereka memilih untuk berbicara dengan Washington daripada berurusan langsung dengan Seoul. Tapi para pembuat kebijakan Amerika jelas-jelas menunjukkan bahwa Korea Utara harus terlebih dahulu memperbaiki hubungannya dengan Korea Selatan.

Kunjungan Presiden Park Geun-hye akan memungkinkan Presiden Obama mendengar langsung dari mitranya tersebut terkait upaya pendekatan terhadap Korea Utara, di awal masa jabatan lima tahunnya memimpin pemerintahan Korea Selatan.
XS
SM
MD
LG