Tautan-tautan Akses

Presiden Korea Selatan Desak Utara Tidak Batalkan Reuni Keluarga


Presiden Korea Selatan Park Geun-hye (Foto: dok).

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye (Foto: dok).

Presiden Korea Selatan mendesak Korea Utara agar tidak membatalkan perjanjian untuk menjadi tuan rumah reuni bagi keluarga yang terpisah oleh Perang Korea.

President Park Geun-hye mengatakan dalam sebuah pertemuan pertahanan di Seoul hari Jumat (7/2), bahwa Korea Utara hendaknya jangan lagi menyakiti keluarga yang terpisah oleh perang Korea.

Kedua belah pihak sepakat tahun lalu untuk melanjutkan pertemuan keluarga, tetapi Korea Utara membatalkannya pada menit-menit terakhir, dengan menyebut alasan sikap bermusuhan Korea Selatan.

Pyongyang mengancam pada hari Kamis (8/2), akan membatalkan reuni keluarga yang baru saja diumumkan, jika Seoul dan Washington meneruskan rencana mereka untuk melakukan latihan militer gabungan.

Ancaman itu terjadi hanya sehari setelah Pyongyang dan Seoul sepakat untuk mengadakan reuni akhir bulan ini antara keluarga yang terpisah oleh Perang Korea tahun 1950-an.

Di televisi pemerintah, Kamis (6/2), Komisi Pertahanan Nasional Korea Utara dikutip mengatakan latihan perang tersebut merusak hubungan antar-Korea yang sedang ditingkatkan.
XS
SM
MD
LG